BAB
XII
MANAJEMEN
KUALITAS JASA
Untuk membangun sebuah
jasa yang berkualitas, perlu memperhatikan lima aspek yang menjadi dimensi
kualitas sebuah jasa. Lima aspek inilah yang akan dilihat pelanggan apakah
sebuah jasa itu berkualitas atau tidak. Sesuai dengan teori Parasuraman, lima faktor dominan (lima dimensi) atau
penentu mutu pelayanan jasa distributor buah kami,
yaitu :
1. Tangibles atau bukti fisik yaitu
kemampuan perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal.
Penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan dan keadaan
lingkungan sekitarnya adalah bukti nyata dan pelayanan yang diberikan oleh
pemberi jasa. Pada perusahaan jasa distributor buah,
bukti fisik yang telah kami tunjukkan sebagai ekstensi kepada pihak eksternal
diantaranya :
a. Bangunan kantor, tempat pengolahan/gudang
buah, dan halaman yang tertata
rapi, bersih,
menarik, dan nyaman serta memenuhi standard kualitas yang mudah dijangkau juga.
b. Kendaraan operasional sebagai bukti fisik, yang umurnya
maksimal 5
tahun pemakaian yang selalu dijaga
kebersihannya.
c. Alat-alat/mesin-mesin yang
lengkap dan modern untuk memudahkan dan mendapakan hasil maksimal dalam
pemrosesan buah.
d. Tersedia juga kamar mandi
dan musholla yang bersih sebagi fasilitas tambahan untuk konsumen yang berkunjung.
Selain itu juga di peruntukkan para karyawan.
2. Reliability atau kehandalan yaitu
kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan
secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan
yang berarti kecepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua pelanggan tanpa
kesalahan, sikap yang simpatik, dan dengan akurasi yang tinggi. Pada perusahaan
jasa distributor
buah, bentuk pelayanan yang
telah kami janjikan secatra akurat kepada pelanggan yaitu :
a. Jasa antar, jasa antar pesanan
memudahkan para konsumen untuk membeli produk tanpa harus susah payah
membawa/mengambilnya sendiri.
b. Pemberian bonus bagi pelanggan yang
telah berlangganan.
c. Kartu anggota bagi pelanggan yang telah
melakukan pembelian jasa kami.
d. Pertanggung jawaban tentang penanganan
konsumen akan masalah pelayanan, pihak kami
akan menyediakan kontak suara konsumen, baik lewat kotak pengaduan, nomor
telepon yang disediakan, atau melalui situs web perusahaan untuk menyampaikan
kritik dan saran.
e. Dll
3. Responsiveness atau
ketanggapan yaitu suatu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan
yang cepat responsif dan tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi
yang jelas. Pada perusahaan jasa distributor buah
kami, bentuk responsiveness yang kami berikan kepada pelanggan kami yaitu :
a. Pelayanan yang baik dan ketepatan waktu, ketepatan pelayanan
jasa yang tepat waktu/ on time sangat diinginkan oleh para
konsumen.
b. Memberikan pelayanan sesuai janji, apa
yang telah dijanjikan dan disepakati di awal harus
sesuai dengan kenyataan.
c. Penyediaan pembelian dan penukaran bonus
secara online.
d. Akses informasi dan hall yang dibutuhkan
mengenai distributor
buah kami secara online, dan melalui nomor telepon.
e. Siap dan tanggap untuk menangani respon
permintaan dari para konsumen.
4. Assurance atau jaminan dan
kepastian yaitu pengetahuan, kesopansantunan dan kemampuan para pegawai
perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan kepada perusahaan.
Pada perusahaan kami, bentuk assurance atau jaminan yang kami berikan antara
lain :
a. Memberiakan teguran, sangsi, dan pemecatan kepada setiap karyawan yang melakukan
hal hal yang tidak sesuai atau melanggar aturan perusahaan.
b. Setiap karyawan dituntut untuk sopan dan menghargai, serta member pelayanan
yang baik kepada setiap konsumen.
c. Konsumen akan mendapat ganti rugi apabila apa yang telah dijanjikan tidak
sesuai dengan pelayanan yang mereka terima dengan persyaratan yang telah
ditentukan.
d. Dll.
5. Empathy atau empati yaitu
memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang
diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen.
Pada perusahaan jasa kami ini, bentuk rasa
emapati yang kami berikan kepada konsumen
antara lain :
a. Memberiakan
pelayanan sesuai keinginan dan keadaan konsumen
untuk mempermudah para konsumen
b. Memberiakan info melalui internet, dan nomor telepon yang dihubungi secara jelas kepada setiap konsumen.
c. Memberiakan fasilitas-fasilitas (yang telah di jelaskan di atas)
kepada konsumen untuk memberikan kenyamanan dan dampak
positif bagi konsumen.
d. Dll.
0 komentar:
Posting Komentar