STRATEGI PROMOSI JASA

on Senin, 08 Juni 2015
BAB VIII
STRATEGI PROMOSI JASA


Dunia pemasaran terus berkembangan mengikuti zaman dan pola hidup manusia yang terus berubah. Banyak teori-teori dan strategi yang terdapat dalam konsep pemasaran terus menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada saat ini. Begitu juga dengan strategi bauran promosi (Promotion Mix), awalnya hanya mengenal lima dimensi yaitu advertising (iklan), personal selling (penjualan personal), sales promotion (promosi penjualan), public relation (hubungan masyarakat) dan direct marketing (pemasaran langsung). Dari kelima strategi diatas, kami menerapkan empat strategi, yaitu penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung dalam usaha kami untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan, keempat strategi promosi jasanya yaitu :
  1. Personal selling (penjualan personal), komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk. Metode ini lebih sering digunakan usaha kami pada saat menawarkan produk jasa kami dengan mempresentasikannya kepada pihak supermarket ataupun toko buah..
  2. Sales Promotion (promosi penjualan), adalah bentu persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatir untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yan dibeli konsumen. Promosi penjualan yang kami lakukan seperti: memberi potongan harga apabila membeli dalam jumlah banyak, Dan pelanggan akan diberikan kartu seperti kupon dimana setiap kali pembelian pada kumpon yang kami beri akan kami stampel, jika kupon terisi 10x stampel maka akan mendapatkan potongan harga.
  3. Public Relation (Hubungan masyarakat), membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publliknya untuk membangun citra perusahaan dan juga untuk menyingkirkan cerita atau gosip yang merugikan usaha kami. Seperti halnya PR pada usaha distribusi ini, kami pada tiap 1 tahun sekali mengadakan sebuah event-event yang bertajuk amal, jadi setiiap pemesanan dari pelanggan, akan kami potong untuk nantinya disumbangkan kepada anak yatim atau kaum marginal yang ada di sekitar lokasi usaha. Selain itu kami juga akan melakukan perbaikan jalan yang rusak di sekitar tempat usaha kami.
  4. Direct Marketing (pemasaran langsung), sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di lokasi tertentu.



0 komentar:

Posting Komentar