BAB
VIII
STRATEGI PROMOSI JASA
Dunia pemasaran terus
berkembangan mengikuti zaman dan pola hidup manusia yang terus berubah. Banyak
teori-teori dan strategi yang terdapat dalam konsep pemasaran terus
menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada saat ini. Begitu juga dengan strategi
bauran promosi (Promotion Mix), awalnya hanya mengenal lima dimensi
yaitu advertising (iklan), personal selling (penjualan
personal), sales promotion (promosi penjualan), public
relation (hubungan masyarakat) dan direct marketing (pemasaran
langsung). Dari kelima
strategi diatas, kami menerapkan
empat strategi, yaitu penjualan personal, promosi penjualan, hubungan
masyarakat, dan pemasaran langsung dalam usaha kami untuk menarik konsumen dan meningkatkan
penjualan, keempat
strategi promosi jasanya
yaitu :
- Personal
selling (penjualan personal), komunikasi langsung antara penjual
dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk. Metode ini lebih
sering digunakan usaha kami pada saat menawarkan
produk jasa kami dengan mempresentasikannya kepada pihak supermarket
ataupun toko buah..
- Sales
Promotion (promosi penjualan), adalah
bentu persuasif secara langsung
melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatir untuk merangsang pembelian produk dengan segera
dan atau meningkatkan jumlah barang yan dibeli konsumen. Promosi penjualan
yang kami lakukan
seperti: memberi potongan harga apabila membeli dalam jumlah banyak, Dan pelanggan akan diberikan
kartu seperti kupon dimana setiap kali pembelian pada kumpon yang kami
beri akan kami stampel, jika kupon terisi 10x stampel maka akan
mendapatkan potongan harga.
- Public
Relation (Hubungan masyarakat), membantu
membangun dan menjaga lini
komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara
organisasi dan publliknya untuk membangun
citra perusahaan dan juga untuk menyingkirkan cerita atau gosip yang
merugikan usaha kami. Seperti halnya PR pada usaha
distribusi ini, kami pada
tiap 1 tahun sekali
mengadakan sebuah event-event yang bertajuk amal, jadi setiiap pemesanan
dari pelanggan, akan kami potong untuk nantinya disumbangkan kepada anak
yatim atau kaum marginal yang ada di sekitar lokasi usaha. Selain itu kami juga
akan melakukan perbaikan jalan yang rusak di sekitar tempat usaha kami.
- Direct
Marketing (pemasaran langsung), sistem
pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa
media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di
lokasi tertentu.
0 komentar:
Posting Komentar