STRATEGI PENETAPAN HARGA

on Senin, 08 Juni 2015
BAB VII
STRATEGI PENETAPAN HARGA


            Dalam penetapan harga suatu produk jasa ada beberapa hal yang perlu dipahami antara lain :
1.      Memilih tujuan penetapan harga.
Ada 5 tujuan utama dalam penetapan harga: (survival) menjaga kelangsungan hidup perusahaan, (profit maximization) memaksimalkan laba, (sales maximization) memaksimalkan pangsa pasar, (prestige) kepemimpinan kualitas produk, dan (ROI) pengembalian modal. Kami memilih memaksimalkan pangsa pasar, untuk memaksimalkan unit penjualan, karena dengan volume penjualan yang lebih tinggi akan menghasilkan biaya per unit yang lebih rendah dan laba jangka panjang yang lebih tinggi.
2.      Menentukan permintaan.
Tiap harga yang kami kenakan akan menghasilkan tingkat permintaan yang berbeda-beda dan akan memberikan pengaruh yang berbeda pula pada tujuan pemasarannya. kami dapat memperkirakan kurva permintaan, probabilitas kuantitas yang akan dijual pada tiap kemungkinan harga. Semakin tidak elastis permintaan semakin tinggi harga yang dapat ditetapkan. Untuk itu perlunya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepekaan harga dan berbagai metode yang dapat digunakan dalam memperkirakan kurva permintaan dan faktor-faktor yang menentukan elastisitas harga dari permintaan.
3.      Memperkirakan biaya
Permintaan menentukan batas harga tertinggi yang dapat dikenakan perusahaan atas produk jasanya. Dan biaya perusahaan menentukan batas terendahnya. Dalam usaha kami, dalam menetapkan harga harus dapat menutup biaya distribusi, dan penjualan, termasuk pengembalian yang memadai atas usaha dan risikonya. 
4.      Menganalisis biaya, harga, dan penawaran pesaing
Perlunya menganalisis biaya pesaing untuk mengetahui apakah biaya produksinya lebih tinggi atau lebih rendah. Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat kami gunakan sebagai titik orientasi untuk penetapan harga sendiri.
5.      Memilih metode penetapan harga
Dalam penetapkan harga harus memilih suatu metode penetapan harga yang menyertakan satu atau beberapa unsur dari ketiga pertimbangan berikut : kurva permintaan pelanggan, fungsi biaya, dan harga pesaing.
Ada beberapa metode dalam menetapkan harga yang dapat digunakan. Dari sekian metode penetapan harga kami memilih metode penetapan harga sesuai harga yang berlaku. Metode ini tidak begitu memperhatikan biaya atau permintaannya sendiri tetapi berdasarkan harganya terutama pada harga pesaing.
6.      Memilih harga akhir
Metode-metode penetapan harga mempersempit rentang harga yang dipilih perusahaan untuk menentukan harga akhir. Sama seperti pendapat Cravens (1999:89) Dalam memilih harga akhir, kami juga harus mempertimbangkan berbagai faktor tambahan, termasuk penetapan harga psikologis, pengaruh elemen bauran pemasaran lain terhadap harga, kebijakan penetapan harga perusahaan, dan dampak dari harga terhadap pihak-pihak lain.
Dalam usaha kami tidak menetapkan harga tunggal melainkan suatu struktur harga yang mencerminkan perbedaan permintaan dan biaya secara geografis, kebutuhan segmen pasar, waktu pembelian, tingkat pemesanan, dan faktor-faktor lain. Sebagai akibat dari pemberian diskon, potongan, dan dukungan promosi, usaha kami jarang mewujudkan laba yang sama dari tiap unit yang dijualnya.


0 komentar:

Posting Komentar