PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN JASA

on Senin, 08 Juni 2015
BAB III
PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN JASA


I.                   Pengertian Visi
            Menurut Kotler Visi merupakan pernyataan tentang tujuan organisasi, yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita cita masa depan.
            Penetapan visi perusahaan memiliki tujuan, dan berikut adalah tujuan penetapan visi perusahaan:
1.            Mencerminkan suatu yang akan dicapai perusahaan
2.            Memiliki orentasi pada masa depan perusahaan
3.            Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
4.            Menentukan arah dan focus strategi perusahaan yang jelas
5.            Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan

II.                Pengertian Misi
           Menurut Drucker Misi merupakan alasan mendasar suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama pada tingkat unit bisnis merupakan batas dan maksud aktivitas perusahaan
            Misi merupakan alat pernyataan cita-cita serta merupakan landasan kerja yang harus diikuti dan didukung oleh seluruh personil perusahaan, fungsinya antara lain:
1.            Memberikan arah perusahaan
2.            Memfokuskan arah-arah yang akan diambil
3.            Objektif, target perushaan dirancang berdasarkan misi yang sudah dibentuk
4.            Membimbing aksi dalam berbagai tingkat
5.            Membantu karyawan untuk tidak salah melangkah

Adapun Visi dan Misi dalam Perusahaan kami yaitu :

VISI :
Menjadi kelompok usaha yang terkemuka dalam bidang perdagangan dan distribusi.
MISI :
  1. Memenuhi harapan para pemangku kepentingan melalui pengelolaan usaha secara profesional dengan orientasi pada kualitas produk dan pelayanan pelanggan yang prima.
  2. Berkomitmen tinggi terhadap kelestarian lingkungan.

Analisis SWOT

Mengutip dari wikipedia, analisis SWOT adalah :
“Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.
Berikut adalah Analisis Swot pada Usaha yang kami buat :

1.      Strengths (Kekuatan)

§  Pelayanan Yang Baik
§  Jaminan Produk Berkualitas

2.      Weaknesses (Kelemahan)

§  Kurangnya Pasokan Produk Saat Tidak Musim

3.      Opportunities (Kesempatan)

§  Pembatasan Impor Buah

4.      Threats (Ancaman)

§  Pesaing Lain


0 komentar:

Posting Komentar