BAB III
PERUMUSAN
STRATEGI PERUSAHAAN JASA
I.
Pengertian Visi
Menurut Kotler Visi merupakan pernyataan tentang tujuan organisasi,
yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kelompok
masyarakat yang dilayani, nilai nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita
cita masa depan.
Penetapan visi perusahaan memiliki tujuan, dan berikut adalah tujuan penetapan
visi perusahaan:
1.
Mencerminkan
suatu yang akan dicapai perusahaan
2.
Memiliki
orentasi pada masa depan perusahaan
3.
Menimbulkan
komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
4.
Menentukan
arah dan focus strategi perusahaan yang jelas
5.
Menjamin
kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan
II.
Pengertian Misi
Menurut Drucker Misi
merupakan alasan mendasar suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi,
terutama pada tingkat unit bisnis merupakan batas dan maksud aktivitas
perusahaan
Misi merupakan alat pernyataan cita-cita serta merupakan landasan kerja yang
harus diikuti dan didukung oleh seluruh personil perusahaan, fungsinya antara
lain:
1.
Memberikan
arah perusahaan
2.
Memfokuskan
arah-arah yang akan diambil
3.
Objektif,
target perushaan dirancang berdasarkan misi yang sudah dibentuk
4.
Membimbing
aksi dalam berbagai tingkat
5.
Membantu
karyawan untuk tidak salah melangkah
Adapun Visi dan Misi dalam Perusahaan kami yaitu :
VISI :
Menjadi kelompok usaha yang terkemuka dalam
bidang perdagangan dan distribusi.
MISI :
- Memenuhi harapan para
pemangku kepentingan melalui pengelolaan usaha secara profesional
dengan orientasi pada kualitas produk dan pelayanan pelanggan yang prima.
- Berkomitmen
tinggi terhadap kelestarian lingkungan.
Analisis SWOT
“Merupakan metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek
bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang
membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats)”.
Berikut adalah Analisis
Swot pada Usaha yang kami buat :
1.
Strengths (Kekuatan)
§ Pelayanan Yang Baik
§ Jaminan Produk Berkualitas
2.
Weaknesses (Kelemahan)
§ Kurangnya Pasokan Produk Saat Tidak Musim
3.
Opportunities (Kesempatan)
§ Pembatasan Impor Buah
4.
Threats (Ancaman)
§ Pesaing Lain
0 komentar:
Posting Komentar