BAB
X
STRATEGI PROSES
Proses adalah kegiatan
yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan
pembelian barang atau jasa. Pengelola usaha melalui front liner sering
menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan dengan tujuan menarik konsumen.
Terkait dengan bagaimana cara usaha distributor buah kami dalam menyampaikan jasa yang dijual
agar sampai pada konsumen yang membeli dan menikmatinya. Usaha distributor buah kami akan menjelaskan beberapa prosedur dalam
proses terjadinya pelayanan, yaitu :
1. Ketika konsumen akan membeli/memesan produk jasa kami,
konsumen dapat langsung ke kantor kami atau bisa membeli/memesan melalui telepon, email, dll dengan menyebutkan jenis buah yang di pesan
dan tanggal pengirimannya.
2. Konsumen melakukan pembayaran/uang muka
setelah
memesan buah melalui rekening
BCA, Mandiri, dan BRI, Credit Card maupun Cash (Tunai). Struk bukti pembayaran
disimpan sebagai bukti.
3. Setelah menerima pesanan,
divisi pemasaran mencarikan buah yang dipesan konsumen ke petani-petani yang
telah menjadi mitra perusahaan. Jika buah yang di pesan sudah ada di
kantor/tempat pengolahan, maka dapat langsung di olah (dibersihkan) dan di
kemas. Selanjutnya langsung ke tahap ke 5.
4. Selanjutnya buah pesanan
dibawa ke kantor/tempat pengolahan untuk di olah (dibersihkan) dan di kemas
oleh divisi operasional sebelum di kirim.
5. Setelah pengolahan
(dibersihkan) dan di kemas selesai, buah pesanan dikirim kepada konsumen
menggunakan truck atau pick-up oleh divisi pemasaran, tergantung banyak
sedikitnya pesanan.
6. Sesampainya di tempat
konsumen, buah pesanan diserahkan, konsumen menunjukkan struk pembayaran dan
melunasi kekurangan pembayaran. Apabila belum dapat
melunasi, maka akan diberikan batas kelonggaran pembayaran.
7. Dalam transaksi ini,
konsumen akan diberikan kartu member pelanggan yang berguna untuk pembayaran
langsung, melunasi pembayaran dan untuk merekap data pembelian. Selain itu
dapat juga untuk mendapatkan diskon/potongan harga.
0 komentar:
Posting Komentar