STRATEGI LINGKUNGAN FISIK (PHYSICAL EVIDENCE)

on Senin, 08 Juni 2015
BAB XI
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL EVIDENCE)


Physical evidence atau kita kenal dengan kata lain “bukti fisik” ini yaitu merupakan suatu hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Bukti fisik adalah lingkungan fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyediaan jasa serta konsumen berinteraksi, ditambah elemen tangible yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa itu.
Berdasarkan penjabaran tersebut dapat di simpulkan bahwa Bukti fisik adalah struktur fisik dari sebuah perusahaan yang merupakan komponen utama dalam membentuk kesan sebuah perusahaan. Bukti fisik memiliki peranan penting untuk menarik minat konsumen agar datang ke suatu perusahaan dan melakukan pembelian.
Lingkungan  fisik pada stasiun kerja agar sumber daya manusia  merasa nyaman dalam melakukan tugasnya karena ternyata faktor manusia memegang peranan penting pada dunia industri.
Unsur-unsur lingkungan fisik Usaha Jasa Distributor Buah :
1.      Bangunan fisik: bangunan dengan luas 20 x 40 meter sebagai gudang atau penyimpanan dan pengolahan buah dan sebagiannya lagi berupa kantor, bangunan dari bata, atap terbuat dari genteng, lantai terbuat dari keramik, terdapat pagar, mempunyai halaman yang cukup luas dan terletak tidak terlalu jauh dari area pemukiman warga.
2.      Perabot/peralatan:  
  • Mesin Pembersih buah, digunakan untuk membersihkan buah
  • Timbangan, digunakan untuk menghitung berat buah.
  • Kendaraan, yang digunakan untuk kegiatan pengangkutan, baik bahan baku maupun produk hasil pengolahan.
3.      Perlengkapan:
  • Peti kemas, sebagai tempat buah.
  • Seterofoam dan plastik (pengemas), sebagai kemasan pembungkus buah.
  • Terpal, sebagai penutup.
  • Bahan bakar, tenaga listrik dan gas, Bahan bakar yang digunakan selama     proses produksi yang berupa: bensin, solar, listrik, dan lainnya.
4.      Logo, menampilkan logo bergambar buah yang menggambarkan usaha jasa yang bergerak bidang distributor buah.
5.      Warna: Menggunakan  perpaduan warna hijau, biru, cokelat, dan putih sebagai symbol pelayanan jasa dalam bidang distributor buah-buahan.
Dalam pelayanan, menjalankan fungsinya sebagai mitra dalam usaha bidang distributor buah bersedia memberikan layanan pemesanan dan pengiriman buah-buahan yang berkualitas, terutama yang menyangkut pengolahan /pengemasan serta operasional, dan mutu buah.
Atmosfir dalam perusahaan

·   Tata ruang: alat pembersih, timbangan, tempat peti kemas, kendaraan operasional, ruang kantor, toilet, parkir yang ditata sedemikian rupa, dengan maksud karyawan dan konsumen nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar