BAB
IX
STRATEGI MANAJEMEN
SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE
(SUMBER DAYA INSANI)
SDM merupakan orang-orang
yang mengerjakan semua kegiatan mendelievery produk sampai ke tangan konsumen.
Orang-orang yang melakukan kegiatan ini harus memiliki passion atau
semangat. SDM
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi yang merupakan karyawan
dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja
tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar.
Struktur
Organisasi
Robbins (2007) mendefinisikan struktur organisasi sebagai
penentuan bagaimana pekerjaan dibagi, dibagi, dan dikelompokkan secara formal. Dalam
perusahaan ini, struktur organisasi yang digunakan yaitu struktur organisasi
bentuk lini, karena puncak pimpinan dipandang sebagai sumber kekuasaan tunggal.
Berikut adalah struktur organisasi pada usaha kami :
Manajer/Pemilik
|
Divisi Pemasaran
|
Divisi Keuangan
|
Divisi Operasional
|
Pekerja
|
Pekerja
|
Penjelasan Job
Deskripsi dari masing - masing
bagian:
Manajer/Pemilik,
sebagai pemilik yang mendapatkan hak penuh atas kepemilikan dari usaha jasa
ini, dan sebagai penyetor modal awal
dan pendiri usaha. Dalam hal ini manajer/pemilik adalah saya
sendiri.
Divisi
Pemasaran,
disini tugasnya adalah Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses
penjualan dan pemasaran bersama para
pekerja untuk mencapai target penjualan dan
mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
Divisi
Keuangan,
tugasnya yaitu: (1.) Bertanggungjawab untuk berkoordinasi
dengan tim dan pihak-pihak terkait dalam melakukan tata kelola dan pengawasan
transaksi keuangan, arus kas, pajak dan neraca keuangan perusahaan yang terkait
dengan segala aktivitas usaha perusahaan dan hak-kewajiban dengan pihak ketiga
di luar perusahaan.
(2.) Memastikan perusahaan selalu menjalankan kaidah dan prosedur yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi, keuangan dan ketentuan pajak yang berlaku dengan melakukan pengawasan dan pencatatan seluruh transaksi keuangan kedalam jurnal perusahaan sesuai kaidah dan prinsip yang berlaku.
(2.) Memastikan perusahaan selalu menjalankan kaidah dan prosedur yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi, keuangan dan ketentuan pajak yang berlaku dengan melakukan pengawasan dan pencatatan seluruh transaksi keuangan kedalam jurnal perusahaan sesuai kaidah dan prinsip yang berlaku.
Divisi Oprasional,
disini tugasnya adalahbertanggungjawab
terhadap pelaksanaan operasional, mengawasi, menata, dan
menjalankan kegiatan usaha agar
dalam oprasional perusahaan dapat
kondusif yang sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan.
Pekerja, bagian
yang bertugas membantu divisi – divisi di atas pekerja
sesuai dengan struktur organisasinya.
Mendefiniskan Syarat
Minimal Kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian:
Divisi
Pemasaran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Divisi
Keuangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Divisi
Operasional
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pekerja
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penetapan program
pengembangan SDM:
Pengelolaan
SDM perusahaan jasa :
Attitude,
Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan
konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk,
seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah,
dan tutur kata. Dalam hal ini,
perusahaan kami sangat
memperhatikan attitude para
karyawan dengan menetapkan standarisasi pada
karyawan melalui pelatihan peningkatan kualitas karyawan setiap enam bulan
sekali.
Motivation, motivasi
karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan
pada level yang diekspetasikan. Karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi
pada perusahaan tentu akan memberikan sumbangsi yang besar bagi perusahaan
berupa kinerja yang baik. Sehingga akan mempengaruhi perusahaan secara
keseluruhan termasuk mampu meningkatkan penjualan.
Communication,
komunikasi sangat diperlukan bagi perusahaan untuk
memasarkan produknya. Oleh karena itu, perusahaan kami selain menetapkan
komunikasi dalam syarat minimal kompetensi juga akan memberikan pelatihan
mengenani tata cara berkomunikasi dengan pelanggan, bagaimana cara menawarkan
barang, mempengaruhi pelanggan agar bisa melakukan pembelian atau menggunakan
jasa.
Training,
pelatihan sangat di butuhkan bagi setiap karyawan
untuk mengasah skill mereka, dalam perusahaan kami nantinya juga akan
memberikan pelatihan kepada semua
divisi dan pekerja sesuai dengan bidang kompetensi masing -masing. Tujuannya agar kemampuan - kemampuan
yang dimiliki para karyawan berkembang, sehingga pelayanan terhadap konsumen
pun semakin meningkat.
0 komentar:
Posting Komentar